4 Alasan Kenapa Semua Kepala Daerah Harus Kayak Oliver Queen

by - 18.19

Denogeek

Jadi kepala daerah itu engga gampang. Banyak banget hal yang harus diurus bahkan jauh sebelum pemilihan. Misalnya, seorang yang mau mencalonkan diri jadi bupati, walikota atau gubernur pasti harus lewat partai politik. Memang, dulu ada orang yang hampir bisa menggalang dukungan lewat jalur independen. Eh, tapi ujung-ujungnya tetap aja dukungan partai itu engga bisa dipandang sebelah mata. Nah, mendapat restu partai itu sangat tidak mudah. Perlu dana melimpah dan usaha keras untuk mendapatkannya. Kalau ternyata berhasil menang, dia ini yang harus memuaskan semua orang di daerahnya. Mau pendukung atau bukan, si kepala daerah ini yang punya tanggung jawab untuk membuat semua orang bahagia. Kebayangkan stressnya kayak gimana? Walaupun begitu, masih ada aja orang-orang diluar sana yang mau mencalonkan dirinya untuk menjadi kepala daerah.

Untungnya, tidak ada satu daerahpun di Indonesia yang kondisinya seperti Starling City. Kalau kamu nonton serial Arrow, apalagi yang season 5, kamu pasti tahu susahnya mengatur suatu kota. Tapi untunglah, kota sekeras itu punya kepala daerah sperti dia. Dan karena Oliver Queen ini sudah cukup teruji, ada baiknya kalau semua kepala daerah di Indonesia meneladani sikapnya yang seperti ini.

1. Oliver Queen Sangat Mencintai Rakyat Starling City

Kepala daerah harus mencintai rakyatnya
Mencintai rakyat itu seharusnya kriteria pertama yang harus dimilki setiap kepala daerah. Oliver Queen melakukannya dengan baik disini, Dia bahkan mau melakukan apapun asal rakyatnya bahagia. Padahal, di kota kayak Starling, kriminal ada dimana-mana. Orang-orang merasa tidak aman. Untuk mengatasi itu, Oliver Queen bahkan rela membiarkan dirinya ditembak mati. Coba rela engga kepala daerah di Indonesia melakukan itu?

2. Oliver Queen Tepat Memilih Orang-Orang yang Membantunya di Balik Layar

Green Arrow tetap butuh bantuan orang lain
Sehabat apapun pemimpinnya, tidak ada seorang pun yang bisa melakukannya seorang diri. Seorang pemimpin butuh orang-orang berkompeten dibelakangnya untuk mengontrol segala sesuatunya dengan detail. Makanya di Arrow Season 5, Oliver dibantu sama Detective Lance, Thea Queen dan Adrian Chase untuk membantunya memimpin Starling. Kepala-Kepala daerah di Indonesia seharusnya juga kayak gitu. Tapi di Indonesia, jabatan-jabatan strategis diberikan ke sanak saudara atau keluarga padahal mereka tidak punya kemampuan apa-apa.

3. Oliver Queen Selalu Berada di Garda Terdepan Saat Masalah Menyerang

Mencalonkan diri jadi walikota
Sikap ksatria ini juga seharusnya diteladani oleh seluruh kepala daerah di dunia. Setiap kali ada masalah, Oliver Queen selalu maju lebih dulu untuk menenangkan warga. Bukan cuma itu, dia juga selalu sdah menyiapkan tindakan-tindakan untuk menanggulangi masalah-masalah yang dialami warganya. Agak beda sama kepala daerah di Indonesia. Mereka malah biasa mencari kambing hitam dari suatu masalah. Malah kadang, mereka mengelak kalau mengakui kalau masalah tersebut adalah akibat dari kelalaiannya.

4. Simply karena Oliver Queen adalah The Green Arrow

Oliver Queen = Green Arrow

Ya ya ya. Kanda Fajar sangat yakin kalau poin ke 4 ini tidak akan bisa diikuti bukan cuma sama kepala daerah, tapi juga semua orang di dunia. Bayangin aja, mana ada orang yang mau keluar malam-malam dan membasmi kriminal-kriminal yang berkeliaran. Kalau pun kamu mau, kamu belum tentu bisa bertahan hidup. Minimal, kamu harus pernah bertahan hidup selama 5 tahun di pulau terpencil atau masuk ke lingkungan gangster yang kejam.

Andai saja semua kepala daerah itu segagah Oliver Queen, pasti kotanya akan makmur dan tentram. Eh, engga juga sih. Bisa jadi malah tindak kriminalnya bertambah. Bisa aja, kan?

You May Also Like

0 komentar