Hati-Hati! 4 Perusahaan Teknologi Ini Bisa Membuat Kamu Pengangguran di Masa Depan

by - 07.19

Pernah nonton Terminator? Itu lo film tentang perlawanan manusia melawan robot jahat yang sudah menguasai dunia di tahun 2029. Film ini cukup terkenal karena menggambarkan situasi mengerikan yang akan terjadi kalau umat manusia berhasil disingkirkan oleh robot-robot yang lebih cerdas dari manusia. Semuanya bermula dari sebuah perusahaan teknologi besar yang menciptakan komputer super cerdas yang dijuluki Skynet. Komputer inilah yang mengendalikan robot-robot jahat yang ingin menggantikan umat manusia di bumi. Walaupun, film Terminator bersetting di tahun 2029, tapi kita tidak perlu menunggu lama karena di masa sekarang pun sudah ada perusahaan-perusahaan teknologi yang mampu mengembangkan sistem komputer secanggih Skynet.

1. Kensho

vcpost.com

Nama perusahaan ini memang jarang terdengar tapi sistem komputer dan software mereka digunakan oleh perusahaan keuangan raksasa seperti Goldman Sachs, JP Morgan Chase, Bank of America dan CNBC. Bukan tanpa alasan perusahaan-perusahaan itu menggunakan jasa Kensho. Pasalnya, Kensho mampu menampilkan informasi lengkap dan akurat seputar dunia keuangan. Bukan cuma itu, Kensho juga bisa memberikan rekomendasi investasi terbaik berdasarkan data historis dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di berbagai belahan bumi. Jadi misalnya kamu ingin tahu saham perusahaan apa yang kamu beli, kamu cukup mengetikkan pertanyaanmu (dalam bahasa Inggris) dan biarkan Kensho bekerja. Kalau begini ini terus, bisa-bisa anak-anak lulusan ekonomi bisa nganggur, nih.

2. IBM Watson

nvidia.com

Kamu tahu penyakit ALS atau Amyotrophic Lateral Sclerosis? Penyakit yang diderita oleh fisikawan Stephen Hawking ini merupakan penyakit degeneratif yang mematikan sel-sel pertumbuhan otot. Penyakit ini membuat penderitanya lumpuh dan bahkan meninggal dunia. Sampai sekarang, penyakit ini belum ditemukan penyebab pasti dan pengobatannya. Sampai akhirnya para peneliti menggunakan sistem komputer IBM Watson. Berkat software ini, peneliti dapat menemukan protein jenis khusus dalam gen manusia yang berhubungan erat dengan ALS dalam hitungan bulan saja!

3. Dataminr

gigaom.com

Media massa juga tidak luput dari ancaman yang dibawa oleh komputer-komputer yang makin canggih. Di jaman sekarang, tugas mencari berita bukan cuma bisa dilakukan reporter, tapi juga mesin. Adalah Dataminr, perusahaan teknlogi yang bisa membuat banyak reporter menganggur. Software ini mampu menganalisis ratusan juta status pengguna Twitter demi informasi yang lebih akurat, relevan dan lebih cepat. Bahkan, kantor berita sekelas CNN dan Hindustan Times bergantung dengan software ini sebelum merilis berita kepada pembaca mereka.

3. Netflix

mashable.com

Algoritma pintar yang digunakan Netflix juga berpotensi membuat kamu menjadi pengangguran di masa depan. Pasalnya, Netflix sudah mengembangkan sistem sendiri untuk mengukur minat penggunanya. Dulu mereka menggunakan sistem rating, tapi kini Netflix mengumpulkan jumlah play, pause dan klik 83 juta penggunanya. Dengan begitu, Netflix mampu memberikan rekomendasi tontonan apa yang "kamu banget." Hal itu tentu berpotensi membuat kamu betah menonton Netflix berjam-jam tanpa bosan.

Terbukti, kan kalau jaman sekarang, persaingan di dunia kerja itu makin ketat. Saingan kita bukan cuma lulusan dari kampus lain, tapi juga komputer. Makanya, kita harus terus belajar dan mengasah kemampuan kita supaya tidak mudah tergantikan.

You May Also Like

0 komentar