Mau Jadi Lebih Produktif? Jangan Lanjutkan Tidurmu dan Lakukan 4 Aktivitas Ini Setelah Bangun Tidur

by - 17.13



Ada dua tipe orang di dunia, Night Owl atau Early Bird. Kanda Fajar yakin kalau sebagian besar dari kamu adalah tipe Night Owl. Sifat dasar manusia yang memang suka menunda pekerjaan pasti bikin kamu-kamu terpaksa begadang. Kalau sudah begadang, bisa dipastikan kalau bangunnya pasti telat. Padahal, kalau kamu baca biografi orang-orang sukse di luar sana, mereka pasti terbiasa bangun pagi. Orang-orang kayak Jennifer Aniston, Gwyneth Paltrow dan Cameron Diaz aja bangun sebelum jam 5. Orang-orang sukses kayak mereka percaya kalau bangun pagi bisa bikin mereka produktif banget dalam melewati hari. Terus, apa saja yang mereka lakukan? 

1. Minum Air Putih 

Minum air

Coba pikir, kita normalnya tidur selama 5-8 jam sehari. Selama 8 jam itu, kita tidak mungkin minum, kan? Tanpa kita sadari, tubuh kita kena dehidrasi selama kita tidur. Jadi memang sebaiknya kita minum air yang cukup setelah bangun. Tips ini juga berguna kalau kamu pengen diet. Kalau kamu minum yang cukup, niscaya perut kamu akan kenyang dan mengurangi makanmu. Cerdas!

2. Merapikan Tempat Tidur
Terdengar sepele memang, tapi yakinlah kalau kegiatan ini akan berdampak besar. Menurut penelitian, merapikan tempat tidur akan membangkitkan rasa percaya diri kamu. Bukan cuma itu, konon katanya kegiatan ini juga bisa meningkatkan motivasi pelakunya. Makanya engga heran kalau aktris kelas atas macam Cameron Diaz masih melakukan ritual ini sehabis bangun tidur. 

3. Exercise

Olaharaga pagi

Kalau kamu tipe orang yang sibuk, berolahraga sehabis bangun tidur adalah pilihan yang bijak. Selain bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh, kamu juga bisa mengurangi resiko cedera. Olahraganya pun engga usah yang berat-berat, cukup jalan, lari-lari kecil atau zumba. Terserah kamu aja gitu. 

4. Meditasi

kuncinya visualisasi

Kalau kamu terlalu malas untuk bergerak, kamu bisa bermeditasi setelah bagun tidur. Saat meditasi, kamu bisa merefleksikan apa yang sudah kamu lakukan atau kamu capai kemarin. Selain itu, kamu juga bisa memvisualisasikan apa yang akan kamu lakukan di sepanjang hari. Kalau kamu bisa rutin melakukannya, kamu bisa menyingkirkan distraksi-distraksi yang tidak perlu dan fokus ke hal-hal yang sudah kamu rencanakan.

5. Baca Buku

Buka bukumu guys

Bersyukurlah buat kamu yang memang suka baca buku. Menurut penelitian, pagi hari adalah waktu terbaik untuk menyelesaikan buku yang sedang kamu baca, apapun genre-nya. Yang harus kamu lakukan adalah mencari satu pokok pikiran dan ide dari buku yang kamu baca. Niscaya, kamu akan selalu teringat dengan satu hal itu dan itu akan meningkatkan kualitas dirimu, personally and professionally. 

Masih mau begadang? Kalau iya, Kanda Fajar menyarankan untuk pikir-pikir lagi. Sudah banyak bukti yang menunjukkan kalau jadi Early Bird itu lebih baik dari Night Owl. Udah ada buktinya, masa masih engga mau percaya?

You May Also Like

0 komentar