Teruntuk WOTA Seluruh Indonesia, Lagu-Lagu JKT48 Ini Akan Menyemangatimu Mengarungi Kerasnya Hidup

by - 07.20

Sejak awal kemunculannya, JKT48 memang sudah menarik banyak perhatian karena konsepnya yang berbeda dari yang lain. Kalau penyanyi atau girlband/boyband lain menyanyi setiap ada jadwal manggung, para member JKT48 dituntut untuk perform setiap hari di theaternya. Bukan cuma itu, lagu yang harus dibawakan pun ada banyak banget, bisa sampai 15-an sekali manggung di theaternya. Belum lagi mereka juga harus menghafal setiap dance yang berbeda untuk setiap lagu. Walaupun begitu, masih banyak yang beranggapan kalau JKT48 "cuma" modal jual tampang. Padahal, buat para WOTA, menonton performace JKT48 itu bukan cuma menghibur, tapi menginspirasi. Apalagi kalau lagi denger lagu-lagu ini.

1. Shonichi

flickr.com

Impian ada di tengah peluh
Bagai bunga yang mekar secara perlahan
Usaha keras itu tak akan mengkhianati

Ini adalah petikan lirik lagu yang kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi "Hari Pertama." Isinya tentang pengalaman pertama seorang member yang baru pertama kali tampil di atas panggung. Shonichi aslinya adalah lagu milik AKB48 Team B generasi awal. Di masa-masa itu, AKB48 khususnya Team A baru mencicipi keberhasilan setelah sekian lama berjuang. Keberhasilan itu membuat generasi dibawahnya menjadi terpacu untuk bisa sesukses kakak-kakaknya, dimulai sejak hari pertama mereka menjejakkan kaki di Theater AKB48.

2. Yuuhi wo miteiru ka?

veloved48-bekasi.blogspot.com

Jika dapat mensyukuri keberadaan kecil itu
Kita dapat rasakan kebahagian

Lagu ini kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi "Apakah Kau Melihat Mentari Senja?" Kalau dilihat dari judulnya, kamu mungkin bingung apa maksud lagu ini. Tapi, kalau kamu coba resapi setiap liriknya, "Yuuhi wo miteiru ka?" sebenarnya mengingatkan kita supaya tetap tegar di hari-hari yang berat. Lewat lagu ini, JKT48 mengingatkan kita bahwa di setiap kesusahan, pasti ada kebahagiaan, sekecil apapun itu. Jadi, kita cuma harus fokus kepada hal-hal yang positif saja dan biarkan semua masalah dibelakang setelah matahari terbenam.

3. Mae Shika Mukanee

jkt48.membahas.com

Walau aku masih takut
Pada tempat yang baru
Tidak ada kata mundur

Karena temponya yang ceria, lagu "Mae Shika Mukanee" atau "Hanya Lihat Ke Depan" bisa banget bikin kamu semangat lagi. Liriknya lugas dan langsung menghujam kamu-kamu yang suka terlena sama indahnya masa muda. Sebaliknya, masa-masa muda adalah saat yang tepat buat kita untuk membulatkan tekad dan berusaha sekeras-kerasnya. Lewat lagu ini, JKT48 memberitahu kita kalau kesuksesan di masa depan adalah hal yang patut diperjuangkan mulai hari ini.

3. River

stage48.net

Tidak perlu ketakutan
Walaupun kau terpisah
Ya, tepian pasti ada
Lebih percayalah pada dirimu

Di single ini, JKT48 mengibaratkan river sebagai sesuatu yang menghalangi kita untuk meraih apa yang kita cita-citakan. River itu bisa saja terbentang sangat luas dan lebar. Arusnya juga bisa saja dalam dan deras. Tapi, cuma satu yang perlu kita lakukan: berenang. Semua sungai tentu punya tepian, nah tepian itu yang seharusnya kita kejar. Bahkan kalau kita tidak pernah gagal dan terbawa arus, kita tidak perlu takut dan coba terus sampai tepian di seberang sungai itu tercapai.

4. Pesawat Kertas 365 Hari

tokyogirlsupdate.com

Hidup bagaikan pesawat kertas, terbang dan pergi membawa impian
Sekuat tenaga dengan hembusan angin terus melaju terbang
Jangan bandingkan jarak terbangnya tapi bagaimana dan apa yang dilalui
Di waktu kecil, kita tentu pernah bermain pesawat-pesawatan yang dibuat dari kertas. Kita lalu berlomba-lomba menerbangkan pesawat kertas itu sejauh-jauhnya. JKT48 mengambil analogi ini untuk mengingatkan kita soal perjalanan meraih impian. Terkadang, impian bukanlah setinggi apa kita bercita-cita tapi lebih tentang bagaimana kita bisa berubah menjadi lebih baik di sepanjang usaha kita.

Gimana? Lagu-lagu ini bisa bikin kamu semangat lagi, kan?

You May Also Like

0 komentar