Tips-Tips Jitu Menabung: Terapkan dan Katakan Selamat Tinggal Pada Bokek di Hari Tua

by - 00.18


Mungkin postingan ini kontradiktif sama artikel sebelumnya. Kalau kemarin Kanda Fajar ngasi tahu kamu keuntungan sifat boros/konsumtif, sekarang Kanda Fajar kayak punya tanggung jawab untuk meluruskan semuanya.

Kemarin, Kanda Fajar udah kasi tahu kalau semakin kamu konsumtif, semakin besar kontribusimu untuk perekonomian nasional. Masalahnya, adalah hal itu tidak berlaku buat perekonomianmu sendiri. Ibaratnya kamu membantu orang lain tapi lupa buat ngebantu diri sendiri. Kurang bijak.

Selain itu juga, perekonomian nasional bisa membaik kalau konsumsinya banyak secara agregat, banyak orang. Kalau cuma kamu sendirian yang "berkontribusi", sorry to say, it is kind of useless.

Oke. balik lagi ke topik soal menabung. Buat kamu yang udah financially literate, kamu mungkin bilang kalau menabung itu ga bagus. Lebih baik uangnya dijadikan investasi. Bener juga sebenarnya, tapi Kanda Fajar akan bahas itu di postingan lain. 

Menabung itu sebenarnya bukan soal menyisihkan sebagian uang ke celengan. Bukan, Itu definisi anak SD. Menabung itu adalah bentuk kontrol antara pengeluaran dan pemasukan. Intinya, kebiasaan menabung ibarat membuat kamu sebagai boss dari uang kamu sendiri, bukan sebaliknya.

Kanda Fajar yakin banyak dari kamu yang punya masalah sama menabung. Apalagi kalau kamu anak kosan, uang kiriman buat sebulan habis dalam setengah bulan. Setengah bulannya kalau engga minta lagi, ya makan indomie berhari-hari. Itu kan engga sehat. Makanya, lewat postingan ini Kanda Fajar mau berbagai tips and trick anti-mainstream niscaya bisa membuat kamu punya uang lebih untuk ditabung. Check this out.

1. Bikin dan Ikuti Budget Bulanan



Budget itu peranannya vital banget. Budget itu ibarat nasi sepiring di atas meja. Terserah mau kamu akan sekarang atau enggak, nasi itu tetap disitu, harus pas, engga boleh lebih tapi bisa kurang. 

Masalah terbesar dari budget adalah kemalasan. Biasanya, orang itu malas banget buat budget awal bulan. Solusinya adalah Kanda Fajar pakai aplikasi budgeting di handphone, Spendee dari Play Store. Ada banyak lagi sebenarnya, tinggal kamu cari aja di Play Store atau App Store. Kalau versi berbayarnya malah bisa terhubung langsung bank dan mencatat semua transaksi secara otomatis. Nantinya, data-data yang sudah terkumpul bisa kamu gunakan untuk budget bulan depan.

Dengan adanya budgeting yang akurat, kamu bisa menyisihkan beberapa lembar uangmu untuk ditabung.

2. Bikin 2 Account Bank


Masalah lain dari budgeting adalah konsistensi. Percuma list budget udah di tangan tapi menjalankannya bolong-bolong, kan sama aja. Kalau budget sering jebol, buat bikin budget di awal.

Solusinya adalah bikin 2 account bank, usahakan bank satunya yang atm-nya susah. Dan jangan bikin online banking atau mobile banking-nya. 

Kok ribet?

Karena ribet bisa bikin kita konsisten sama budget. Contohnya, Kanda Fajar punya uang di bank A dan bank B. Uang di Bank A lebih banyak dari bank B karena Bank A ATM-nya susah. Semua jenis pengeluaran konsumsi difokuskan ke Bank A. Tarik uang sesuai budget dan berusaha bertahan hidup dari uang yang sudah di tangan. Biasanya, karena malas jalan ke ATM, kita bakal lebih jarang tarik uang dan akhirnya lebih disiplin sama budget.

3. Gunakan Waktu Luang dengan Produktif



Kanda Fajar percaya kalau boros adalah efek samping dari waktu luang yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Jujur, deh kalau lagi punya waktu kosong, kamu ngapain?

makan, nonton, main instagram? Semua itu berpotensi membuat kamu mengeluarkan uang dengan percuma. 

Secara teknis, kamu tidak akan disebut boros kalau kamu menghabiskan lebih sedikit dari yang kamu hasilkan. Jadi, kalau kamu tidak bisa mengetatkan anggaran, tinggal naikkan saja tingkat penghasilanmu.

Solusinya adalah coba manfaatkan waktumu untuk hobi-hobi yang produktif. Kamu bisa mulai nge-blog (kayak yang Kanda Fajar lakukan ini) bikin vlog, mulai ngoding atau apapun yang menghasilkan.

Mengimplementasikan ketiganya memang butuh effort besar di awal. Wajar saja karena secara tidak langsung kamu mengganggu kebiasaan yang selama ini kamu lakukan dengan nyaman. Kanda Fajar juga dulu gitu, 

Kalau kamu lakukan ketiga tips itu dengan, perlahan-lahan, kamu akan punya uang lebih untuk disimpan. Jadi, kamu tidak lagi butuh uang tambahan dari orang tua. Saat teman-teman sepermainan kamu tidak lagi bisa hangout di akhir bulan, kamu malah bisa nyantai hangout kapan aja. Oke, ga tuh.

You May Also Like

0 komentar