Komik-Komik Indonesia yang Harus Kamu Coba Baca Saat Ini Juga

by - 01.34

Komik Superhero Indonesia yang tidak dilanjutkan

Kalau ngomongin komik, kita pasti ga akan jauh-jauh dari ngomongin Jepang dan Amerika. Kamu tahulah Amerika punya dua publisher komik besar di dunia: Marvel dan DC. Jepang punya Shonen Jump. Saat ini Korea Selatan juga lagi mengembangkan industri komiknya. Kalau kamu sering ke Gramedia, kamu akan sering lihat ada manhwa atau komik Korea berjejer di rak. Kebanyakan memang judul-judul romantis yang engga mungkin dibaca sama anak cowok.

Terus, ada engga komik asli buatan Indonesia?

Jawabannya jelas ADA. Re:On Comics dan Kosmik adalah salah duanya.

Sebenarnya, Re:On itu kayak kumpulan komik gitu. Jadi beberapa judul dijadikan satu buku. Strategi yang mirip dengan Shounen Jump di Jepang sana.

Nah, buat kamu yang masih menyangsikan kualitas cerita dan gambar dari komikus-komikus 
Indonesia, Kanda Fajar sarankan kamu baca judul-judul ini. Maka niscaya pendapatmu akan berubah.

1. TAWUR



Story : C. Suryo Laksono
Art : C. Suryo Laksono
Komik ini cukup unik karena mengangkat tema yang relate banget sama remaja. Komik ini bercerita tentang seorang pelajar SMU bernama Budi. Dia adalah seorang anak dengan kemampuan khusus. Dengan kemampuannya itu, dia harus mempertaruhkan hidupnya dalam program rahasia pemerintah bernama TAWUR. Tujuannya cuma satu: mendapatkan dana S.O.S. (Subsidi Operasional Sekolah) dan memperbaiki sekolahnya yang terbengkalai.

Action-nya ngena banget. Komedi dan dramanya kreatif. Kesan Indonesianya benar-benar terasa. Kalau kamu suka komik yang battle-nya intense kayak Naruto atau One Piece, TAWUR cocok buat kamu.

2. RIXA


Story : Haryadi
Art : Haryadi
Apapun bisa terjadi di dunia komik, termasuk keberadaan astronot Indonesia di ISS (International Space Station). Ya. Itulah yang jadi tema besar komik RIXA. Komik ini sendiri bercerita tentang perjalanan seorang wanita muda Indonesia, Antariksa atau Riksa, yang bermimpi menjadi orang Indonesia yang terbang menembus atmosfer bumi. Riksa yang yatim dan hidupnya yang serba pas-pasan tidak membuatnya berhenti. Bahkan politik yang membelenggu LAPAN pun tidak mampu membuatnya menyerah.

RIXA mungkin salah satu komik Indonesia terkeren yang pernah Kanda Fajar baca. Alurnya bagus. Dramanya oke punya. Ceritanya emosional banget tapi tidak melupakan data-data antariksa yang akurat. Jelas saja, komikusnya, kan memang kerja sama khusus dengan LAPAN. Riksa cocok dibaca kalau kamu lagi butuh motivasi.

3. HEART BREAK


Story : E.R
Art : Tim Kroma
Ada kabar gembira buat kamu para wota di luar sana. Selain bisa melihat member-member JKT48 secara live-action di theater, sekarang kita bisa baca sisi lain mereka lewat komik. Judulnya HEART BREAK. Disini, para member langganan setbatsu divisualisasikan lewat karakter-karakter superhero. Ceritanya sendiri adalah tentang member JKT48 yang ternyata adalah seorang I.D.O.L atau mutan berkemampuan khusus. Member-member nantinya akan bersekolah di Mandala Union. Disana, mereka akan dididik untuk menolong orang-orang dengan kemampuannya.

Kalau kamu sering nonton anime Jepang, kamu mungkin tidak asing dengan tema ini. Tapi penggambaran karakternya yang keren plus ceritanya yang oke sayang banget untuk dilewatkan para wota.

4. SUPER SANTAI


Dari judulnya mungkin kamu sudah bisa nebak kalau ceritanya akan seputar Super Sentai atau Powers Rangers. Tebakanmu hampir benar, hanya saja komik ini menambah bumbu humor yang kelewatan dalam setiap chapternya.

SUPER SANTAI bercerita tentang 5 orang pemuda-pemudi pembela bumi dari serangan para monster dari organisasi luar angkasa G.I.A.T. Masalahnya adalah mereka ini semuanya kocak abis. Sebagai superhero, mereka kelewat santai dan bahkan mendahulukan kepentingan pribadi dibanding kepentingan publik. Untungnya, musuh mereka juga sama kocaknya. Bisa dibilang, musuh-musuh di komik ini semuanya punya kekuatan yang ga ada gunaya sama sekali!

Kanda Fajar sampai sekarang masih ngikutin ceritanya TAWUR, RIXA dan HEARTH BREAKER. SUPER SANTAI entah kenapa engga dilanjutin lagi. Padahal ceritanya seru gila.

Sekarang, Kanda Fajar mau ajak kamu untuk pergi ke Gramedia dan mulailah beralih ke komik-komik Indonesia.

Lupakan Detektif Conan. Lupakan Naruto. Lupakan One Piece yang tiada ujungnya itu. Well, itu mungkin terlalu keras, tapi yang penting kita harus bantu komikus-komikus kita bisa jadi idola di negeri sendiri.

You May Also Like

0 komentar